Kedekatan dengan Ayah Penting untuk Kecerdasan Emosional Anak

Kedekatan dengan Ayah Penting untuk Kecerdasan Emosional Anak

Pertumbuhan anak menjadi prioritas setiap orangtua. Dalam tumbuh kembang anak menjadi optimal memerlukan peran kedua orangtua yaitu ibu dan ayah. Dengan keseimbangan peran antara ayah dan ibu menjadikan anak memiliki keadaan emosional yang stabil dalam proses tumbuh dan kembang anak. Dalam kenyataan sehari-hari terdapat kecenderungan bahwa hubungan ibu dengan anak lebih dekat dibanding dengan ayah.

Padahal, untuk mengoptimalkan pertumbuhan emosional anak perlu juga adanya kedekatan antara anak dengan ayah. Kedekatan ayah dan anak dalam hal ini memberikan manfaat besar untuk meningkatkan kecerdasan anak. Selain hal tersebut, kedekatan ayah dan anak juga memberi manfaat terhadap seorang ayah juga. Seorang ayah yang baru menjadi seorang ayah, biasanya saat kelahiran anak pertama akan mengalami perubahan dalam otak mereka.

Hal ini terbukti melalui beberapa penelitian menunjukkan otak seorang pria yang baru melihat anaknya lahir akan berubah dalam sikapnya.Jika anda pernah melihat langsung perbedaan sikap maupun perilaku pada seorang pria umunya akan lebih bertanggung jawab dan mengayomi. Hal ini merupakan dampak positif yang dialami seorang ayah karena kedekatannya dengan anak.

Kecerdasan Emosional Anak Akan Meningkat Seiring Meningkatnya Kedekatan Dengan Ayah!

Saat pertumbuhan anak menjadi lebih dewasa, kedekatan ayah dengan anak juga mempengaruhi cara pandang anak terhadap lingkungan sekitar. Seorang anak yang dekat dengan ayahnya akan menjadikan ayahnya sebagi teladan ideal dalam menjalani kehidupannya kedepan. Untuk itu dalam hal kedekatan ayah dan anak sangat penting dan sebagai orangtua perlu menjaga kedekatan dengan anak. Orangtua harus dengan cara khusus meluangkan waktu untuk menjaga komunikasi dengan anak. Seorang ayah yang dekat dengan anaknya pasti mampu memberi nasehat kepada anak, sehingga anak akan merespon nasehat dengan baik. Misalnya seorang ayah mampu melarang permainan dadu online uang asli kepada anaknya sehingga terbebas dari perjudian online. Dalam melarang anak , seorang ayah mampu memberikan pemahaman yang baik dan dapat diterima anak karena kedekatan ayah dan anak.

Kedekatan ayah dan anak mampu juga meningkatkan kecerdasan emosional anak dalam menghadapi masalah atau tantangan hidup. Kedekatan anak dan ayah akan secara langsung mengajari anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan lebih percaya diri. Perkembangan kecerdasan emosional anak akan menjadikan anak lebih dewasa dan memiliki emosional stabil.Selain untuk membantu membuat anak lebih stabil secara emosional, kedekatan ayah dan anak juga membuat anak lebih bijak dalam menilai dan mengambil keputusan. Seorang anak yang stabil secara emosional akan mampu menolak ajakan-ajakan dari luar yang bermaksud menjerumuskan.

Hal tersebut menjadikan anak memiliki prinsip untuk berkata tidak bagi hal-hal buruk. Pentingnya kedekatan anak dan ayah juga melindungi anak dari godaan hal buruk yang ada di internet. Saat ini saja sudah semakin marak perjudian online, meskipun sudah ada larangan. Akan tetapi larangan tersebut belum optimal, sehingga perlu perlindungan dari dalam anak. Dengan hal ini, ayah tidak perlu repot-repot menasehati anak dalam melarang permainan dadu besar kecil online, sebab anak sudah paham dengan sendirinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*